Tiongkok Pangkas Tarif Impor Daging Babi hingga Alpukat AS Mulai 2020

Image title
Oleh Ekarina
23 Desember 2019, 14:14
Tiongkok Pangkas Tarif Impor Daging Babi hingga Alpukat AS Mulai 2020.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
ilustrasi pelabuhan. Tiongkok akan memangkas sejumlah tarif impor produk Amerika Serikat (AS) mulai 1 Januari 2020.

Tiongkok akan memangkas sejumlah tarif impor produk Amerika Serikat (AS), mulai dari daging babi beku, alpukat hingga semikunduktor mulai 1 Januari 2020.  Tiongkok berencana meningkatkan impor di tengah perlambatan ekonomi negaranya akibat perang dagang dengan AS.

Melansir laman Reuters,  Kementerian Keuangan Tiongkok menyatakan akan menerapkan tarif impor sementara untuk lebih dari 850 produk AS. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan 706 produk yang dikenakan tarif sementara pada  2019.

Pengurangan tarif impor salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pasokan produk konsumsi impor yang dibutuhkan negara itu, seperti daging babi yang jumlah pasokannya di dalam negeri sempat menurun drastis akibat wabah penyakit. 

(Baca: Pemerintah Diminta Batasi Investasi Tiongkok Terkait Kekerasan Uighur)

Kementerian Keuangan Tiongkok mengatakan tarif untuk daging babi beku akan dipangkas menjadi 8% dari 12%. Wabah demam babi Afrika  pada Agustus tahun lalu telah mengurangi separuh populasi babi Tiongkok hingga harganya melonjak ke rekor tertinggi.

Beijing telah mengeluarkan serangkaian langkah untuk mendorong produksi babi, di samping meningkatkan impor berbagai daging untuk memenuhi permintaan domestik.

Tiongkok telah mengimpor 229.707 ton daging babi pada November, naik lebih dari 150% dari tahun sebelumnya. Sepanjang 11 bulan pertama 2019, jumlah impor daging babi yang didatangan negara ini mencapai  1,73 juta ton, naik 58% dari tahun sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...