Gaet Wisatawan Tiongkok, Batik Air Buka Penerbangan Shenzhen-Batam

Image title
Oleh Ekarina
29 Desember 2019, 12:07
Gaet Wisatawan Tiongkok, Batik Air Buka Penerbangan Shenzhen - Batam.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Pesawat Batik Air di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, Tangerang, Banten (22/7). Batik Air membuka penerbangan perdana Shenzen, Tiongkok ke Batam

Maskapai Batik Air membuka penerbangan perdana Shenzen, Tiongkok ke Batam. Ekspansi rute internasional tersebut sejalan dengan strategi perseroan menggaet wisatawan yang ingin terbang ke Indonesia. 

Pada penerbangan perdananya yang diresmikan kemarin, Sabtu (28/12), maskapai milik Lion Air Grup tersebut terbang dengan membawa 140 penumpang. 

Rute terbaru ini nantinya akan melayani penerbangan tanpa henti (non-stop) dengan frekuensi tiga kali dalam sepekan di tahap awal.

"Penerbangan bernomor ID-7618 akan mengudara setiap Selasa, Kamis, Sabtu dari Bandar Udara Internasional Bao'an Shenzhen, Tiongkok menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau," ujar Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie dalam keterangan resmi, dilansir Minggu (29/12). 

(Baca: Tambah Rute Internasional, Citilink Datangkan Pesawat Berbadan Lebar)

Sedangkan untuk layanan penerbangan dari Batam, Batik Air memiliki jadwal keberangkatan setiap Senin, Rabu dan Jumat. 

Dalam menghubungkan kedua destinasi, Batik Air juga mengoperasikan salah satu armada terbaru, yaitu Airbus 320-200CEO. Pesawat ini berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi yang dilengkapi inflight entertainment (audio video on demand) di tiap kursi.

Dengan rute baru ke Shenzhen, menjadikan kota ini sebagai lokasi keempat yang dilayani penerbangan Batik Air di Tiongkok setelah Guilin, Kunming dan Nanning.

Batik Air mengharapkan penerbangan menuju internasional akan terus dikembangkan. Perseroan juga optimis pasar terus tumbuh dan permintaan tinggi, sehingga frekuensi terbang dapat ditingkatkan.

Hal ini untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan udara dari dalam negeri ke luar negeri serta mempermudah lalu lintas kunjungan wisatawan mancanegara, sebagaimana target yang dicanangkan pemerintah untuk menggaet 20 juta wisatawan asing.

Badan Pusat Statistik (BPS)  mencatat Tiongkok sebagai salah satu negara asal wisatawan mancanegara (wisman) terbesar yang mengunjungi Indonesia setelah Malaysia dan Singapura. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...