Ditopang Saham Rokok dan Pangan, IHSG Hari Ini Ditutup Naik 0,35%

Image title
7 Januari 2020, 17:36
Ditopang Saham Rokok dan Pangan, IHSG Hari Ini Ditutup Naik 0,35%
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi, Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berjalan di dekat monitor pergerakan bursa saham saat pembukaan perdagangan saham tahun 2020 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,35% ke level 6.279 pada penutupan perdagangan hari ini (7/1). Saham emiten rokok dan pangan menopang pergerakan IHSG pada hari ini.

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama menilai, penguatan IHSG didorong oleh meredanya konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. AS tidak mengerahkan serangan pada aset-aset strategis Iran di kawasan Timur Tengah.

"Hal itu membuat dana asing masuk (capital inflow) mengalir ke bursa dalam skala global," kata Nafan kepada Katadata.co.id, hari ini (7/1). Pergerakan IHSG pun berbalik dari terkoreksi 0,12% pada sesi pertama, kini ditutup menguat.

Selain itu, menurut dia fundamental makroekonomi domestik inklusif dan berkesinambungan. Hal ini menjadi sentimen positif, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen dalam negeri.

(Baca: Investor Fokus ke Konflik AS-Iran, IHSG Sesi I Ditutup Turun 0,12%)

Volume perdagangan pada hari ini pun mencapai 6,86 miliar lembar saham. Nilai transaksinya Rp 6,19 triliun, dengan frekuensi 486 ribu kali. Ada 189 saham yang menguat, 210 terkoreksi, dan 155 bergerak stagnan.

Laju positif indeks saat penutupan sejalan dengan kenaikan saham di sektor barang konsumsi (Consumer Goods) yang ditutup naik 1,31%. Saham berkapitalisasi besar seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menguat 4,65% menjadi Rp 2.250 per lembar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...