Bakal Diolah Jadi Avtur, Jokowi Ingin Tutup Ekspor Kopra

Rizky Alika
10 Januari 2020, 18:38
Bakal Diolah Jadi Avtur, Jokowi Ingin Tutup Ekspor Kopra
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Ilustrasi, seorang pekerja menunjukkan kelapa yang akan diolah menjadi kopra di Desa Tadui, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (3/3).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menutup ekspor beberapa komoditas, salah satunya kopra. Sebab, kopra dapat diolah menjadi pengganti bahan bakar avtur.

Kopra merupakan daging buah kelapa yang telah dikeringkan. Komoditas ini diekspor ke beberapa negara seperti India, Thailand, dan Filipina.

“Kopra minyak kelapa yang bisa menjadi avtur. Ini sudah hampir selesai (risetnya),” kata Jokowi dalam acara HUT PDI Perjuangan ke-47 di JIExpo, Jakarta, Jumat (10/1).

Jika hasil riset itu sudah keluar, maka Jokowi ingin mengganti seluruh bahan bakar pesawat dengan kopra milik petani di Tanah Air. Langkah ini bertujuan mewujudkan Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi, seperti pesan Presiden RI pertama Soekarno

“Kita akan mandiri dan kerjakan sendiri,” ujar Jokowi. (Baca: Bahan Baku Dominasi Ekspor Komoditas Unggulan Perkebunan)

Selain kopra, Jokowi berencana menutup ekspor beberapa komoditas seperti bauksit dan batu bara. Namun, penutupan keran ekspor tersebut akan dilakukan bertahap.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan produsen kelapa dengan volume terbesar di dunia. Mengacu pada businesswire.com, Indonesia memproduksi 19 juta ton pada 2018. Sedangkan Filipina dan India masing-masing menghasilkan 14 juta dan 12 juta ton.  

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...