Konstruksi FSRU Pembangkit Listrik Gas Uap Jawa I Capai 62,5%

Image title
13 Januari 2020, 11:38
FSRU Jawa I, Pembangkit listik tenaga gas uap Jawa I, PLTGU Jawa I, Pertamina
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi. Pertamina telah melepas perdana kapal FSRU PLTGU Jawa I.

PT Pertamina menyatakan, konstruksi kapal Floating Storage Regasification Unit atau FSRU sebagai bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa Satu saat ini telah mencapai 62,5%. Pertamina pun melepas perdana Kapal FSRU Jawa I ke permukaan air laut.

Adapun pelepasan Kapal FSRU Jawa I ini dilaksanakan di galangan kapal Samsung Heavy Industries atau SHI di Geoje-si, dekat Busan, Korea Selatan.

“Pelepasan ini merupakan tahapan penting bagi penyelesaian keseluruhan scope proyek Jawa Satu. Kami berharap kesuksesan capaian dapat berkelanjutan agar keseluruhan proyek selesai sesuai target," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu  berdasarkan keterangan tertulis, Senin (13/1).

Ia pun berharap SHI dapat merampungkan pembangunan Kapal FSRU Jawa I dengan tepat waktu, tepat kualitas, tepat anggaran dan sesuai persyaratan. Kapal FSRU ini akan menjadi fasilitas pendukung utama PLTGU Jawa-1 dan direncanakan rampung pada November 2020, serta memasuki perairan Indonesia pada pertengahan Januari 2021.

(Baca: SKK Migas: Keberhasilan Transisi Blok Rokan Bergantung pada Satu Hal)

Selanjutnya, komisioning regasifikasi kapal FSRU ditargetkan pada Maret 2021. FSRU akan meregasifikasi LNG, yang berasal dari BP Tangguh, Papua, untuk kemudian gas yang dihasilkan dipasok ke pembangkit PLTGU Jawa-1.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...