Nomor Ponsel Wartawan Senior Dibobol, Kominfo Panggil Semua Operator

Fahmi Ahmad Burhan
22 Januari 2020, 16:18
Nomor Ponsel Wartawan Senior Dibobol, Kominfo Panggil Semua Operator
facebook/ilham bintang
Ilustrasi, penampakan pelaku yang membobol simcard wartawan senior Ilham Bintang, saat mendatangi gerai Indosat pada 3 Januari 2020 lalu.

Nomor ponsel wartawan senior Ilham Bintang dibobol dan rekeningnya dikuras pada awal Januari lalu. Menindaklanjuti kasus itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana memanggil semua perusahaan telekomunikasi guna mengevaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait registrasi dan penggantian kartu SIM (simcard).

"Dalam waktu dekat kami akan undang semua operator untuk evaluasi SOP," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani di kantornya, Jakarta, Rabu (22/1).

Kementerian Kominfo bakal mengecek parameter yang digunakan semua perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, dan lainnya terkait registrasi dan mengganti kartu SIM. Setelah evaluasi ini, Semuel menilai ada kemungkinan parameternya ditambah.

Hal itu dilakukan supaya pembobolan simcard seperti yang menimpa Ilham tidak terulang. "Kalau ada celah, kami sama-sama rumuskan. Itu bisa dibuat standar di tiap operator," ujar Semuel.

(Baca: Indosat & Ahli IT Respons Pembobolan Kartu SIM hingga Rekening Dikuras)

Semuel menjelaskan, semestinya operator menerapkan standar terkait prosedur penggantian simcard. Misalnya, dengan menanyakan tagihan terakhir atau kartu identitas lainnya seperti kartu kredit asli.

Meski begitu, menurut dia kasus yang menimpa Ilham bukan berarti SOP perusahaan telekomunikasi lemah. Semuel mengaku, kementeriannya sudah mengirimkan surat edaran ke semua operator untuk menerapkan prinsip kehati-hatian terkait registrasi kartu SIM.

Ia meminta semua perusahaan telekomunikasi mengenali konsumennya guna menghindari pembobolan kartu SIM. Apalagi, kementerian menerima beberapa keluhan terkait pembajakan simcard.

"Tapi untuk pelaporan yang baru tereskalasi ke kami baru ini (Ilham Bintang),” kata dia. (Baca: Ahli IT Ungkap Ciri-ciri Nomor Ponsel Dibajak Peretas)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...