Dikabarkan Galang Pendanaan Rp 20,4 T, Tokopedia Hampir Jadi Decacorn

Fahmi Ahmad Burhan
23 Januari 2020, 09:11
Dikabarkan Galang Pendanaan Rp 20,4 TRILIUN, VALUASI Tokopedia Hampir Jadi Decacorn
ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi, Tokopedia

Perusahaan e-commerce, Tokopedia dikabarkan memasuki tahap akhir penggalangan dana US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 20,4 triliun. Jika kabar itu benar, maka valuasi Tokopedia diprediksi US$ 8 miliar-US$9 miliar atau mendekati status decacorn.

Decacorn merupakan sebutan bagi startup bervaluasi lebih dari US$ 10 miliar atau sekitar Rp 140 triliun. Di Indonesia, baru Gojek yang berstatus decacorn.

Dikutip dari Financial Times, Temasek, Alibaba, dan SoftBank diperkirakan terlibat dalam putaran pendanaan tersebut. Perusahaan investasi asal Singapura, Temasek dikabarkan akan memimpin pendanaan dengan menanamkan modal US$ 500 juta.

Sedangkan investor terdahulu yakni SoftBank dan Alibaba disebut-sebut akan berpartisipasi dalam pendanaan itu, supaya sahamnya tidak terdilusi. (Baca: Dikabarkan Cari Pendanaan Rp 21 Triliun, Tokopedia: Banyak Rumor Pasar)

Salah seorang eksekutif yang memahami pasar Indonesia mengatakan, beberapa investor mengantisipasi konsolidasi di sektor e-commerce Tanah Air dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini merupakan upaya menghadapi potensi masuknya Amazon.

"Semua pemain berbicara satu sama lain sepanjang waktu," kata dia dikutip dari Financial Times, kemarin (22/1). (Baca: Tokopedia Berencana IPO di Indonesia dan AS dalam Tiga Tahun ke Depan)

Sedangkan Presiden Tokopedia Patrick Cao mengatakan, optimistis investasi akan memperkuat posisi perusahaan. "Kami menggunakan modal dan penggalangan dana untuk menemukan mitra yang tepat dan mempercepat strategi bisnis kami," katanya.

Kabarnya, putaran penggalangan dana itu menjadi yang terakhir sebelum Tokopedia melakukan penawaran saham perdananya (Initial Public Offering/IPO) dengan skema dual listing. Unicorn Tanah Air itu berencana IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan bursa di Amerika Serikat (AS) dalam tiga tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...