Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Sesi I Ditutup Naik 0,14%

Image title
23 Januari 2020, 13:05
Jelang Pengumuman Suku Bunga BI, IHSG Sesi I Ditutup Naik 0,14%
Pekerja berjalan di dekat monitor pergerakan bursa saham. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (23/1), ditutup menguat 0,14%.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (23/1), ditutup menguat 0,14%. Penguatan itu indeks saham ini salah satunya dipicu oleh sentimen positif menjelang pengumuman suku bunga acuan Bank Indonesia.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan banyak investor menanti arah kebijakan moneter pemerintah. "Meskipun dengan hampir pasti, suku bunga tidak ada yang berubah," kata dia dalam riset tertulisnya.

Dewan Gubernur BI tengah menggelar rapat bulanan untuk menentukan kebijakan moneter dan suku bunga acuan. Sejak Oktober 2019, suku bunga acuan BI 7-Day (Reverse) Repo Rate bertahan di level 5%.

(Baca: Sektor Tambang Anjlok dan Pasar Minim Sentimen, IHSG Turun 0,08%)

Sepanjang tahun lalu, BI telah menurunkan suku bunga acuannya sebanyak empat kali sebesar 100 basis poin (bps).

Sementara pada perdagangan sesi pertama hari ini, kenaikan IHSG disokong oleh indeks sektor industri dasar sebesar 0,79%.

Adapun saham-saham yang mengalami kenaikan sekaligus menjadi penopang pada sesi I perdagangan yakni saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dengan kenaikan 1,51% menjadi Rp 1.345 dan saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) 1,16%.

Meski begitu, penguatan indeks sedikit tertahan oleh terkoreksinya sejumlah saham di sektor perdagangan, jasa, dan investasi sekitar 0,32%.

Saham-saham tersebut di antaranya adalah PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) dengan penurunan 1,52% jadi Rp 1.615 per saham dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) 2,04% menjadi Rp 1.685 per saham.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...