IPO Tahun ini, Anak Usaha Adhi Karya Target Raih Dana Rp 2,5 Triliun

Image title
18 Februari 2020, 19:16
adhi karya, adhi commuter properti, ipo, go public, belanja modal.
Arief Kamaludin|KATADATA
Anak usaha Adhi Karya (Persero), Adhi Commuter Property berencana IPO tahun ini dengan target raihan dana mencapai Rp 2,5 triliun.

PT Adhi Commuter Properti berencana untuk melantai di pasar modal melalui skema penawaran saham umum perdana (initial public offering/IPO). Anak usaha Adhi Karya ini akan menawarkan 30% sahamnya kepada publik, dengan target raihan dana Rp 2,5 triliun.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Adhi Commuter Mochamad Yusuf mengungkapkan, 80% dana hasil IPO akan digunakan untuk membiayai belanja modal alias capital expenditure (capex) tahun ini.

"Capex yang kami rencanakan senilai Rp 3,5 triliun untuk pengadaan lahan baru dan pengembangan," kata Mochamad Yusuf dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (18/2).

Dia menjelaskan, dengan adanya rencana untuk mengakuisisi beberapa lahan baru yang berada di kawasan Tangerang, Bogor, dan Depok tersebut, maka total bank tanah (land bank) yang akan dimiliki oleh perusahaan menjadi seluas 680 hektare (ha).

(Baca: Tunggu Bursa Saham Membaik, Dua Anak Usaha Adhi Karya IPO Semester II)

Dengan capex Rp 3,5 triliun, perusahaan menargetkan bisa menambah 500 ha landbank. Adapun sisa dana IPO sebesar 20% akan digunakan untuk membiayai kembali (refinancing) kewajiban-kewajiban perusahaan.

Rencananya IPO ini bakal dieksekusi pada triwulan II tahun ini. Perusahaan akan menggunakan laporan keuangan Desember 2019 sebagai dasar IPO. Saat ini, rencana IPO sudah pada tahap finalisasi. Yusuf mengungkapkan perusahaan bakal menggandeng lebih dari satu penjamin efek alias (underwriter), termasuk underwriter swasta.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...