Rupiah Melemah Tertekan Kekhawatiran Penyebaran Virus Corona di Korsel

Agustiyanti
21 Februari 2020, 16:19
rupiah, nilai tukar, virus corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate menempatkan rupiah di posisi Rp 13.777 per dolar AS, melemah dari posisi kemarin.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini melemah 0,07% ke posisi Rp 13.760 per dolar AS. Rupiah melemah seiring kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona di luar Tiongkok, terutama di kota Daegu Korea Selatan.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate yang dipublikasikan pukul 10.00 WIB pada situs Bank Indonesia menempatkan rupiah di posisi Rp 13.777 per dolar AS. Posisi tersebut melemah dari posisi kemarin Rp 13.735 per dolar AS. 

Mayoritas mata uang Asia juga turut melemah terhadap dolar AS. Won Korea melemah 0,9%, Yuan Tiongkok melemah 0,15%, ringgit Malaysia 0,26%, rupee India 0,14%, peso Filipina 0,5%, dolar Taiwan 0,46%, dan dolar Hong Kong 0,1%. Hanya yen Jepang dan dolar Singapura melemah masing-masing 0,31% dan 0,09%. 

(Baca: Ancam Ekonomi Global, Virus Corona akan Jadi Topik Utama Pertemuan G20)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan rupiah melemah antara lain seiring kekhawatiran pasar terhadap dampak penyebaran virus corona di luar Tiongkok, terutama di kota Daegu, Korea Selatan. Daegu merupakan salah satu kota manufaktur yang penting di Korea Selatan.

Di kota tersebut terdapat banyak industri tekstil, logam, hingga mesin. Namun, penyebaran virus corona membuat kota tersebut sepi dan kegiatan industri terhenti. Ini dikhawatirkan mengganggu rantai pasokan dan mendatangkan ancaman pemutusan hubungan kerja. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...