Pemerintah Percepat Proyek Gasifikasi Batu Bara Meski Ada Virus Corona

Rizky Alika
4 Maret 2020, 07:30
Pemerintah Percepat Proyek Gasifikasi Batu Bara Meski Ada Wabah Corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) menyampaikan paparan didampingi Moderator Suryopratomo (kanan) dalam Seminar Nasional di Auditorium Adhiyana, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Pemerintah berencana mempercepat pembangunan proyek gasifikasi batu bara menjadi menjadi dimethylether (DME). Meskipun, penandatanganan perjanjian final kerja sama proyek ini kabarnya tertunda karena wabah virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tertundanya penandatanganan perjanjian tak berpengaruh terhadap rencana pembangunan proyek di Tanjung Enim, Sumatera Selatan tersebut. Sebab, teknologi untuk proyek itu sudah siap.

“Dari segi teknologi dan lain sudah bisa siap, tapi masih ada persiapan lain yang harus dilakukan,” kata Airlangga di kantornya, Selasa (3/3) malam.

(Baca: PTBA Sebut Proyek Gasifikasi Batu Bara Terus Jalan Meski Ada Corona)

Lagi pula, Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin membantah informasi yang menyebutkan penandatanganan perjanjian final kerja sama itu tertunda karena covid-19. "Gasifikasi ini tidak ada kaitan dengan corona. Proyek jalan terus, secara bisnis tidak terganggu sama sekali," ujar Arviyan.

Penandatanganan perjanjian final kerja sama itu rencananya digelar berbarengan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada perhelatan ASEAN-US Special Summit. Penandatanganan akan dilakukan oleh PTBA, Pertamina dan Air Products. perusahaan asal Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...