Lima Macam Teknologi Dinilai Bisa Tangani Wabah Virus Corona

Cindy Mutia Annur
11 Maret 2020, 12:04
Lima Teknologi Ini Dinilai Bisa Tangani Wabah Virus Corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Ilustrasi, seorang anak lelaki memperhatikan robot sambil memakai masker di Bandara Internasional Pudong di Shanghai, Tiongkok, Senin (27/1/2020).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengundang raksasa teknologi seperti Facebook, Google hingga Amazon membahas penanganan virus corona hari ini (11/3). Huawei sampai Xiaomi juga membantu pemerintah Tiongkok mengatasi covid-19. Setidaknya, ada lima perangkat yang diklaim bisa mengatasi virus ini.

Menurut GlobalData Disruptor Intelligence Center, ada lima teknologi yang bisa digunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Di antaranya analitik wabah, robot sterilisasi, pemrosesan klaim, pengiriman lewat udara, dan robot percakapan (chatbot).

Analitik wabah (Outbreak analytics) menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) untuk mengidentifikasi wabah penyakit dan meramalkan sifat penyebaran virus corona. Alibaba memanfaatkan AI untuk mengidentifikasi pneumonia.

(Baca: AS Undang Facebook, Google hingga Amazon Bahas Virus Corona Hari Ini)

Selain itu, startup asal Kanada, BlueDot menerapkan AI dan mesin pembelajar (machine learning) untuk mendeteksi covid-19. Algoritma AI ini diklaim dapat menganalisis berbagai sumber seperti laporan berita, platform media sosial hingga dokumen pemerintah guna memprediksi wabah tersebut.

Rbot sterilisasi (sterilisation robots) juga digunakan di rumah sakit. Ketika pasien akan dipindahkan ke zona karantina, teknologi ini dapat mensterilkan virus tanpa campur tangan manusia.

Pengembang robot medis asal Tiongkok, TMiRob mengerahkan 10 robot disinfeksi di rumah sakit besar di Wuhan. (Baca: Karyawannya Positif Corona, Grab Tutup Kantor Singapura dan Thailand)

Kemudian, pemrosesan klaim (claims processing) yang menggunakan blockchain. Teknologi ini diklaim membantu rumah sakit mengefisiensikan waktu pekerjaan bersifat administrasi.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...