Kementerian BUMN Akan Satukan Fitur Cek Corona Gojek, Grab & Alodokter

Image title
24 Maret 2020, 12:14
Kementerian BUMN Akan Satukan Fitur Cek virus Corona di aplikasi Gojek, Grab dan Alodokter
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.
Ilustrasi, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyemprotkan cairan disinfektan ke pengendara ojek daring di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/3/2020).

Pemerintah menggaet  Gojek, HalodocGrab, Good Doctor, dan Alodokter untuk menyediakan fitur cek kesehatan terkait virus corona bagi masyarakat. Nantinya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menyatukan fitur-fitur tersebut guna memudahkan warga.

Hal itu sesuai dengan arahan Gugus Tugas Covid 19. "Kementerian BUMN diminta untuk menyatukan berbagai platform itu," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (24/3).

Keterlibatan startup itu bertujuan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait covid-19. Selain itu, warga akan mengetahui dirinya termasuk Orang dalam Pengawasan (ODP) atau Pasien dalam Pengawasan (PDP) sehingga memahami penanganannya.

(Baca: RS Kewalahan, Kemenkes Libatkan Gojek & Grab untuk Cek terkait Corona)

Misalnya, setelah melakukan pengecekan melalui aplikasi, pengguna mengalami gejala ringan. Maka, dokter yang menanggapi pesan melalui platform itu akan menganjurkan yang bersangkutan untuk mengisolasi diri di rumah.

"Kami luncurkan secara cepat. Mudah-mudahan dengan selesainya platform yang ada ini, kami bisa satukan semua," kata Arya.

Pemerintah memang sudah menggelar pemeriksaan terkait virus corona secara massal atau rapid test sejak akhir pekan lalu. Namun, langkah ini hanya dilakukan di wilayah yang penyebarannya cukup banyak seperti Jakarta Selatan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...