Bodebek Terapkan PSBB, Grab dan Gojek Non-aktif Fitur Antar Penumpang

Fahmi Ahmad Burhan
16 April 2020, 07:04
Bodebek Terapkan PSBB, Grab dan Gojek Non-aktif Fitur Antar Penumpang
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online memasang helm kepada penumpang, di Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, (17/2/2020).

Bogor, Depok, dan Bekasi menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak kemarin (15/4). Perusahaan penyedia layanan on-demand, Grab dan Gojek menyesuaikan aplikasinya dengan menonaktifkan sementara fitur antar penumpang atau ojek online GrabBike dan GoRide.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, layanan GrabBike di Bogor, Depok, dan Bekasi dinonaktifkan mulai kemarin (15/4). Sedangkan di DKI Jakarta, fitur ini tidak bisa digunakan sejak pekan lalu. 

Layanan Grab lainnya seperti GrabFood, GrabExpress, GrabMart, GrabFresh, Clean & Fix, GrabHealth dan GrabCar tetap beroperasi di Bogor, Depok, Bekasi dan DKI Jakarta.

Grab mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan. Hal itu diatur dalam panduan PSBB, khususnya untuk layanan GrabBike agar tetap bisa beroperasi.

"Kami usulkan (protokol kesehatan) bukan hanya bagi mitra pengemudi kami, tetapi juga bagi konsumen kami yang memerlukan layanan transportasi dengan harga yang lebih terjangkau," kata Ridzki kepada Katadata.co.id, kemarin (15/4). 

(Baca: PSBB Bogor-Depok Berlaku Hari Ini, GoRide & GrabBike Tak Bisa Dipakai)

Ia mengatakan, konsumen masih membutuhkan layanan antar penumpang. Utamanya, untuk menjangkau tempat-tempat yang diperbolehkan untuk dikunjungi selama virus corona mewabah, seperti rumah sakit dan pasar.

"Ini untuk membeli bahan kebutuhan sehari-hari sesuai dengan prosedur keamanan yang telah kami terapkan selama masa pandemi corona," ujar Ridzki.

Gojek juga menonaktifkan layanan GoRide di Bogor, Depok, dan Bekasi selama penerapan PSBB. Sedangkan layanan GoCar dan GoBlueBird tetap tersedia dengan maksimal jumlah penumpang dua orang.

"Kami juga mengingatkan agar penumpang GoCar dan GoBlueBird menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan," kata Chief of Corporate Affairs Nila Marita.

(Baca: Anggap Regulasi Membingungkan, Asosiasi Ojol Desak Jokowi Turun Tangan)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...