Konsumsi BBM Anjlok hingga 50%, Pertamina Kurangi Produksi Kilang

Image title
18 April 2020, 19:52
pertamina, bbm, kilang
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petugas mengecek jaringan pipa minyak di kilang unit pengolahan (Refinery Unit) V, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (23/10/2019). Pertamina menurunkan operasi kilang karena kapasitas penampungan telah optimal selama pandemi corona.

Pertamina memutuskan menurunkan operasi kilang karena kapasitas penampung minyak telah mencapai level maksimal. Itu lantaran konsumsi bahan bakar minyak atau BBM menurun drastis selama pandemi corona.

Sejak Maret 2020, Pertamina mencatat permintaan gasoline terus turun di kisaran 17 persen, gasoil turun rata-rata 8 persen dan avtur turun 45 persen. Sejalan dengan penerapan PSBB, permintaan BBM di kota-kota besar pun anjlok di atas 50 persen, tertinggi di Jakarta dan Bandung yang turun hampir 60 persen.

Secara nasional, penurunan permintaan BBM mencapai 35 persen dibandingkan dengan rata-rata Januari- Februari 2020. Selain penurunan di BBM retail, penurunan permintaan juga terjadi terhadap konsumen industri. Hal itu terjadi karena banyak industri telah berhenti beroperasi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan penurunan permintaan tajam itu belum pernah terjadi sebelumnya. Hal tersebut bakal berdampak besar terhadap keuangan Pertamina.

(Baca: Pandemi Corona Hambat Digitalisasi SPBU Pertamina)

Oleh karena itu, berbagai penyesuaian dilaksanakan perusahaan untuk menjaga optimalisasi, efektifitas, dan keekonomian operasi perusahaan. Termasuk di antaranya penyesuaian operasional kilang.

“Pertamina akan mulai menurunkan kapasitas operasi kilang secara bertahap. Disesuaikan dengan kondisi permintaan. Secara teknis, penurunan juga akan disesuaikan dengan batas aman pengolahan kilang,” ujar Fajriyah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...