Pacu Digitalisasi UMKM, Gojek Akuisisi Startup Kasir Digital Moka

Desy Setyowati
30 April 2020, 11:03
Gojek Resmi Akuisisi Startup Kasir Digital Moka
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Moka

Gojek mengumumkan akuisisi startup penyedia sistem kasir (Point of Sale/POS), Moka. Perusahaan rintisan ini tetap menjadi entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek.

Namun, decacorn Tanah Air itu tidak menyebutkan nilai akuisisi tersebut. Sebelumnya, Bloomberg sempat melaporkan bahwa nilai aksi korporasi ini mencapai US$ 130 juta atau sekitar Rp 2,02 triliun.

Aksi korporasi itu membuat Gojek dan Moka memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha (merchant). Solusi ini terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS), sehingga mendukung pertumbuhan dan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

(Baca: Gojek Dikabarkan Akuisisi Startup Kasir Digital Moka Rp 2,02 Triiliun)

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, perusahaan bisa bekerja sama dengan Moka untuk mempercepat digitalisasi UMKM. "Kami mengambil satu langkah lebih maju untuk bekerja dengan tim Moka menyediakan solusi dari hulu ke hilir yang memberikan kesempatan untuk lebih banyak bisnis migrasi ke online,” kata dia dikutip dari siaran pers, Kamis (30/4).

Apalagi, UMKM kini terdampak pandemi corona. Padahal, sektor ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Di saat dampak Covid-19 semakin terasa, kami melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan offline yang sangat tergantung pada kedatangan fisik konsumen,” kata Andre.

(Baca: KPPU Benarkan Gojek Bakal Akuisisi Startup Kasir Digital Moka)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...