Kadin Pantau Pengangguran Tembus 10 Juta Orang Imbas Pandemi Corona

Image title
8 Mei 2020, 14:12
kadin, virus corona, pandemi corona, penganguran, covid-19, phk, industri, umkm
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2020). Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin memperkirakan jumlah pengangguran akibat penyebaran Covid-19 mencapai 10 juta orang.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin menyatakan jumlah pengangguran akibat pandemi corona mencapai lebih dari 10 juta jiwa. Angka tersebut dihitung dari jumlah karyawan yang dirumahkan dan pemutusan hubungan kerja atau PHK di seluruh sektor industri dan UMKM.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengatakan tingkat pengangguran tertinggi berasal dari industri teksil. Jumlah pengangguran sektor padat karya tekstil dan produk tekstil mencapai dua juta jiwa.

Advertisement

Selanjutnya, industri alas kaki sebanyak satu juta jiwa. Jumlah tersebut bakal terus bertambah jika pandemi corona tak kunjung selesai.

"Angka yang ada di Kementerian Tenaga Kerja itu baru sebagian dan tidak semua perusahaan melaporkan. Jadi angkanya agak sulit untuk diprediksi. Kalau termasuk UMKM, saya dapat kabar bisa sampai 10 juta," kata Shinta kepada katadata.co.id, Jumat (8/5).

(Baca: Memprediksi Lonjakan Jumlah Pengangguran RI Imbas Corona)

(Baca: Indonesia dalam Pusaran Gelombang Angka Kemiskinan Dunia)

Untuk mengatasi lonjakan pengangguran, menurut Shinta, pemerintah harus melakukan dua hal yakni menjaga permintaan dan mempertahankan ketersediaan pasokan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengeluarkan insentif-insentif yang mampu mempertahankan daya beli masyarakat.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement