600 Karyawan Amazon Positif, 6 Orang Meninggal Karena Covid-19

Fahmi Ahmad Burhan
12 Mei 2020, 11:16
amazon, virus corona, covid 19, e commerce
Ken Wolter|123RF.com
Gedung Amazon di Santa Clara, California, Amerika Serikat. 600 karyawan Amazon positif terinfeksi virus corona atau covid-19, dengan 6 di antaranya meninggal.

Hampir 600 karyawan yang bekerja di raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS) Amazon positif terinfeksi virus corona (covid-19) setelah menjalani pemeriksaan. Enam orang di antaranya bahkan meninggal dunia.

"Kami memiliki setidaknya ada 600 (kasus positif covid-19). Ada enam karyawan yang telah meninggal karena covid-19," kata seorang karyawan yang bekerja di gudang Amazon, Jana Jumpp dalam acara TV '60 Minutes' dikutip dari Livemint pada Senin (11/5).

Jumpp tahu perkiraan jumlah kasus covid-19 Amazon setelah melakukan pelacakan. Dia mengumpulkan data di lokasi karyawan Amazon seluruh AS dari pesan otomatis rekan kerjanya dan robocalls Amazon hasil tes covid-19.

Jumpp memilih untuk mengambil cuti dan tinggal di rumah karena khawatir dengan kesehatannya. Dia mulai merasa tidak nyaman bekerja di bawah tekanan pandemi setelah kasus covid-19 pertama karyawan Amazon terjadi di Washington, AS.

(Baca: Kekayaan Bos Amazon & Zoom Melonjak di Tengah Pandemi Corona)

Kepala operasi Amazon Dave Clark mengatakan jumlah kasus covid-19 yang menimpa karyawan Amazon tidak terlalu penting untuk jadi ukuran. "Jumlah total kasus yang sebenarnya tidak terlalu berguna karena relatif," kata Clark.

Dia mengatakan bahwa perusahaan sudah melakukan berbagai langkah penanggulangan covid-19 pada karyawannya yang bekerja. "Saya pikir kami sudah lebih awal daripada kebanyakan pengusaha, terutama pengusaha besar di AS," kata dia dikutip dari CBS News.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...