Mudik Lebaran Dilarang, 5 Aplikasi Sediakan Layanan Video Call Gratis

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

21/5/2020, 06.30 WIB

Ada lima aplikasi yang menyediakan layanan video call gratis. Platform ini bisa menjadi alternatif di tengah larangan mudik lebaran.

Mudik Lebaran Dilarang, 5 Aplikasi Sediakan Layanan Video Call Gratis
line
Ilustrasi, tampilan layanan video call di aplikasi LINE

Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini guna mencegah penyebaran virus corona. Untuk tetap bersilaturahmi saat lebaran, ada lima aplikasi yang menawarkan layanan panggilan video (video call) gratis yakni WhatsApp, Zoom, Google, Line, dan Skype.

Pertama, Google Hangouts yang bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang. Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat Android, iOS, maupun website.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut menggratiskan layanannya hingga September. Namun, layanan gratis ini hanya bisa menampung 16 orang.

Jika Anda ingin mengakses layanan itu melalui ponsel, unduh aplikasi Google Hangouts Meet terlebih dulu. Lalu, sign up menggunakan email Gmail. Setelah itu, Anda bisa melakukan percakapan kelompok dengan mengeklik ‘New Video Call’.

(Baca: WhatsApp dan Zoom Bersaing, Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Rapat Online)

Namun, jika ingin mengakses lewat website, Anda perlu masuk ke situs Google Meet. Lalu klik ‘Join or Start a Meeting dan tulis judul acara atau kode rapat.

Nantinya, situs akan meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Setelah diberi izin, Anda bisa mengeklik opsi ‘Join Now’. Lalu, Anda bisa mengundang rekan untuk bergabung dengan menambahkan alamat email atau berbagi tautan video conference.

Kedua, aplikasi Zoom yang digunakan lebih dari 300 juta pengguna harian saat pandemi corona. Perusahaan asal AS ini menyediakan layanan gratis dan premium.

Layanan Zoom gratis dapat digunakan untuk video call hingga 100 orang. Namun, Zoom membatasi video call yang diikuti oleh lebih dari tiga peserta dengan maksimal hanya 40 menit saja. Setelahnya, pengguna bisa mengulang panggilan untuk melanjutkan percakapan.

Untuk menggunakan layanan tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi Zoom terlebih dulu. (Baca: Tak Mudik Lebaran, Bisa Video Call via WhatsApp dengan 50 Orang)

Ketiga, aplikasi WhatsApp yang terhubung dengan Messenger Rooms. Layanan terintegrasi ini dapat menampung hingga 50 orang dalam sekali video call.

Meski begitu, layanan terintegrasi tersebut baru tersedia dalam versi beta di WhatsApp. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pengguna harus mempunyai WhatsApp versi beta 2.20.163 untuk android. 

Pada versi beta, pengguna bisa melihat ikon Messenger Rooms di aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa membuat panggilan video ataupun menerima alamat panggilan di aplikasi.

(Baca: Operator Telekomunikasi Perpanjang Promo Gratis Kuota selama WFH)

Jika Anda tak bisa mengakses layanan tersebut, video call melalui WhatsApp bisa menampung delapan orang. Jumlah peserta dalam sekali panggilan ini meningkat dibanding sebelumnya yang hanya empat orang.

Keempat, fitur LINE Group Call di aplikasi LINE yang bisa menampung hingga 200 peserta. Fitur ini tersedia secara gratis dan dapat diakses di LINE android versi 5.0.0, iOS versi 6.9, dan Windows atau macOS versi 4.5.0.

Kelima, aplikasi Skype yang bisa menampung hingga 50 orang dalam sekali video call. Sejak pandemi, perusahaan merilis fitur Meet Now untuk memfasilitas para pekerja yang bekerja dari rumah (work form home/WFH).

Skype dapat digunakan di Android, iOS juga website. Sama seperti Zoom, panggilan dibatasi 40 menit untuk layanan gratis.

(Baca: Mudik Dilarang, Trafik Internet untuk Video Call Diramal Melonjak)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan