SKK Migas: Kesepakatan Pengeboran Blok Rokan oleh Chevron Tertunda WFH

Image title
26 Mei 2020, 19:26
skk migas, chevron, blok rokan
Agung Samosir|KATADATA
Pembahasan kesepakatan pengeboran Blok Rokan oleh Chevron tertunda kebijakan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) imbas pandemi corona.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menyebut penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat pembahasan kesepakatan pengeboran sumur di Blok Rokan oleh Chevron Pacific Indonesia tersendat.

Padahal, pembahasan ini penting dilakukan mengingat Chevron akan menanamkan investasinya di Blok Rokan sebelum alih kelola dengan Pertamina pada tahun depan.

Advertisement

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan Chevron saat ini tengah menyiapkan draft kesepakatan untuk rencana pengeboran sumur di Blok Rokan. Hanya, menurut dia proses tersebut membutuhkan waktu lantaran Blok Rokan memliki cakupan area yang sangat luas.

"Ternyata butuh waktu untuk membahasnya karena WK Rokan itu besar sekali areanya dan jumlah sumurnya yang ribuan," ujar Fatar kepada Katadata.co.id, Selasa (26/5).

(Baca: SKK Migas: Chevron Siapkan Rp 2,38 Triliun untuk Mengebor Blok Rokan)

Selain itu, menurut Fatar selama ini dalam melakukan uji tuntas alias due diligence SKK Migas juga terkendala dengan kebijakan WFH. Maka itu, dalam realisasinya dibutuhkan teknologi yang mumpuni guna menyiapkan data tiap lapangan di Blok Rokan.

"Selama WFH kita gak bisa melakukan due dilligence secara akurat karena gak bisa ke lapangan. Jadi kita harus pakai teknologi dalam menyiapkan data-datanya," kata Fatar.

Adapun, hingga berita ini ditulis, Manager Corporate Communication Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo belum membalas konfirmasi dari Katadata.co.id.

Sebelumnya, SKK Migas menyatakan Chevron  akan memulai pengeboran di Blok Rokan pada tahun ini. Nilai investasi kegiatan itu mencapai US$ 152 juta atau setara Rp 2,38 triliun.

(Baca: SKK Migas Kukuh Minta Pertamina Mengebor 100 Sumur di Blok Rokan)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement