Facebook, Intel, hingga YouTube Donasi Rp 283 M untuk Lawan Rasisme

Cindy Mutia Annur
4 Juni 2020, 11:46
facebook, youtube, teknologi, amerika serikat, rasisme, sara, george floyd, blacklivesmatter
ANTARA FOTO/REUTERS/Brian Snyder/aww/cf
Ilustrasi, pengunjuk rasa berteriak saat melakukan aksi protes atas kematian George Floyd di Amerika Serikat, Selasa (2/6/2020). Perusahaan teknologi seperti Facebook hingga Youtube menyumbang sekitar US$ 20 juta untuk mendukung gerakan perlawanan terhadap rasisme.

Facebook, Cisco, hingga YouTube mengumpulkan donasi lebih dari US$ 20 juta atau sekitar Rp 283, 5 miliar. Dana tersebut untuk mendukung perlawan terhadap rasisme, terutama setelah kematian pria kulit hitam George Floyd.

Melalui donasi itu, para eksekutif perusahaan teknologi secara tegas menentang kekerasan rasial di Amerika Serikat (AS). Selain itu, mereka ingin berkontribusi melalui program hibah untuk organisasi yang memperjuangkan keadilan terkait kasus rasisme.

Advertisement

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan donasi sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp  141 miliar. "Ini untuk kelompok-kelompok yang bekerja pada keadilan rasial,"ujar Mark dikutip dari CNBC International, Rabu (3/6).

Mark mengatakan penasihat dan karyawannya membantu untuk menemukan organisasi yang paling tepat untuk menggunakan donasi tersebut. Sedangkan CEO Cisco Chuck Robbins mengumumkan donasi US$ 5 juta atau sekitar Rp 70,8 miliar kepada organisasi Equal Justice Initiative dan Black Lives Matter.

"Ini dana kami sendiri untuk memerangi rasisme dan diskriminasi. Ini baru permulaan," ujar Chuck.

(Baca: Mark Zuckerberg Tak ‘Sanksi’ Trump, 600 Pegawai Facebook Mogok Kerja)

(Baca: Seluruh Petugas Polisi Terkait Kematian George Floyd Kini Didakwa)

Selain itu, YouTube, Uber, dan Intel akan menyumbangkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar untuk Center for Policing Equity, Equal Justice Initiative, dan organisasi serta komunitas nirlaba sejenisnya.

Airbnb pun menyumbangkan donasi sebesar US$ 500 ribu ke sejumlah organisasi serupa. Sedangkan CEO Apple Tim Cook mengatakan tengah menggalang dana sumbangan dari karyawannya pada bulan ini untuk melawan kasus rasisme. 

Perusahaan ventura Sequoia Capital mengumumkan bahwa para mitranya akan menyumbang US$ 2 untuk setiap dolar yang disumbangkan oleh karyawan. Ada juga Mamoon Hamid dari Kleiner Perkins yang mengumumkan sumbangan US$ 100 ribu dan dana pendamping dengan jumlah yang sama untuk perlawanan terhadap rasisme.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement