OJK Sebut Aturan Baru Perdagangan Bursa Menopang Tren Penguatan IHSG

Image title
4 Juni 2020, 15:08
Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso. OJK mengklaim tren positif di pasar modal beberapa waktu terakhir, disebabkan oleh kebijakan yang dikeluarkan regulator dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso. OJK mengklaim tren positif di pasar modal beberapa waktu terakhir, disebabkan oleh kebijakan yang dikeluarkan regulator dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim tren positif di pasar modal beberapa waktu terakhir, disebabkan oleh kebijakan yang dikeluarkan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. Misalnya, memperpendek jam perdagangan, dan penerapan auto rejection asimetris.

"Bahkan terakhir, indeks harga saham gabungan (IHSG) sudah 4.900. Ini karena kami sudah menelurkan berbagai kebijakan, sehingga pelaku pasar merespons positif," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (4/6).

Wimboh mengatakan, pasar modal menjadi sektor yang pertama kali tertekan akibat pandemi virus corona atau Covid-19. IHSG yang akhir tahun lalu berada di atas level 6.200, mulai turun di bawah 6.000 pada akhir Januari 2020.

Bahkan, indeks sempat ditutup pada level 3.900 pada 24 Maret 2020 lalu, dan menjadi level terendah sepanjang tahun ini. Meski begitu, pihaknya sejak dini telah mengeluarkan kebijakan terkait pasar modal agar jangan sampai penurunan pada pasar saham terlalu drastis.

Sekadar informasi, IHSG tengah dalam tren penguatan. Sejak 26 Mei hingga 3 Juni 2020 atau enam hari perdagangan, IHSG selalu ditutup di zona hijau. Total penguatan pada periode tersebut yaitu 8,69%.

Meski begitu, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengakui jika di atas kertas, memang sentimen negatif masih membayangi. Namun, indeks masih bisa ditopang oleh ekspektasi dan harapan investor terhadap perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19.

(Baca: Saham 4 BUMN Konstruksi Melonjak Dua Digit, IHSG Sesi I Naik 0,85%)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...