Kenaikan IHSG Dibayangi Kasus Corona, Saham Tambang Direkomendasikan

Image title
15 Juni 2020, 06:53
IHSG Diramal Menguat, Saham Pakan dan Pertambangan Direkomendasikan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)diprediksi bergerak menguat terbatas pada perdagangan awal pekan, Senin (15/8).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak menguat terbatas pada perdagangan Senin (15/6). Penguatan ini melanjutkan tren pergerakkan pada akhir pekan lalu, Jumat (12/6) yang mana indeks ditutup naik 0,52% ke level 4.880.35.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG hari ini berpeluang tetap berada di zona hijau dengan level resistance 4.992 hingga 4.936. Sementara, di area support indeks akan bergrak di level 4.768 hingga 4.656.

Advertisement

Namun menurutnya, penguatan tersebut hanya terjadi terdalam jangka pendek. "Penguatan IHSG diperkirakan hanya akan bersifat sementara karena masih banyaknya sentimen negatif dan ketidakpastian baik luar dan dalam negeri," kata Dennies.

(Baca: Seharian Memerah, IHSG Bangkit 0,53% Berkat Saham Bank BUMN & Bukopin)

Salah satu sentimen yang masih membayangi laju indeks terkait penambahan kasus infeksi virus Covid-19 di dalam negeri. Pemerintah mencatat jumlah kasus positif virus corona di Indonesia pada Minggu (14/6) bertambah menjadi 857 orang, sehingga totalnya saat ini menjadi 38.277 orang. Jawa Timur Kembali jadi wilayah dengan penambahan kasus baru tertinggi.

Selain itu, investor kemungkinan juga akan mencermati rilis data ekonomi pemerintah. Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini berencana untuk mengumumkan perkembangan ekspor dan impor Indonesia untuk periode Mei 2020 dan perkembangan upah pekerja/buruh pada pukul 11.00 WIB.

Sejalan dengan prediksi tersebut, dia pun merekomendasikan beberapa saham untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, seperti emiten kimia PT Barito Pacific Tbk (BRPT), emiten pakan ternak PT Japfa Comfeed International Tbk (JPFA), dan  PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Pendapat serupa juga dituturkan Analis Panin Sekuritas William Hartanto. Menurutnya, indeks saham hari ini bakal bergerak menguat secara teknikal di level 4.744  hingga 4.956.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement