Minat IPO Masih Tinggi Meski Pandemi, 20 Perusahaan Siap Go Public

Image title
16 Juni 2020, 16:02
bursa efek indonesia, ipo pandemi corona, ipo perusahaan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pandemi corona tidak menyurutkan minat perusahaan untuk mencari pendanaan melalui pasar modal. Tercatat ada 20 perusahaan yang siap IPO dan 27 lainnya akan menerbitkan surat utang,

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengantongi nama 20 perusahaan yang berencana melakukan pencatatan saham perdana melalui skema initial public offering atau IPO tahun ini. Sementara itu juga ada 27 perusahaan yang berencana menerbitkan 31 emisi obligasi atau sukuk.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menilai minat perusahaan mencari pendanaan melalui pasar modal terbilang tinggi meski di tengah pandemi Covid-19 yang membuat bisnis lesu.

"Minat perusahaan untuk IPO masih positif dan cukup tinggi, hal ini tercermin dari jumlah perusahaan yang terdapat di pipeline," katanya kepada awak media, Selasa (16/6).

(Baca: Imbas Pandemi, Adhi Commuter Mundurkan Rencana IPO Menjadi 2021)

Nyoman mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 saat ini memiliki tantangan tersendiri dan berdampak pada semua aspek, tidak terkecuali pasar modal dan perusahaan yang mencari pendanaan melalui IPO.

BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa akan membuat kebijakan yang memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam rangka mendapatkan pendanaan. "Dan membuat kondisi pasar yang kondusif di tengah masa pandemi ini," kata Nyoman.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...