Hutama Karya Gunakan PMN Rp 7,5 T untuk Bangun Dua Ruas Tol Sumatera

Image title
24 Juni 2020, 18:27
Ilustrasi, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi II. PT Hutama Karya akan menggunakan dana dari PMN sebesar Rp 7,5 triliun untuk mempercepat pembangunan dua ruas tol JTTS.
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Ilustrasi, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi II. PT Hutama Karya akan menggunakan dana dari PMN sebesar Rp 7,5 triliun untuk mempercepat pembangunan dua ruas tol JTTS.

PT Hutama Karya mengungkapkan, penggunaan penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp 7,5 triliun sepenuhnya akan digunakan untuk mempercepat pembangunan dua ruas tol dalam proyek jalan tol trans sumatera (JTTS).

Dua ruas tol tersebut antara lain, Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 119 Kilometer (Km), dan Pekanbaru-Pangkalan sepanjang 95 Km. Rinciannya, dua ruas tol ini membutuhkan dana masing-masing sebesar Rp 3,2 dan 4,3 triliun.

"Jadi, untuk dua ruas tol ini saja membutuhkan Rp 7,5 triliun dan akan dipenuhi dari PMN tahap II," kata Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (24/6).

Sementara, PMN tahap I sebesar Rp 3,5 triliun akan digunakan untuk menutup pembiayaan ruas tol yang telah selesai, yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km senilai Rp 1,5 triliun.

Budi menjelaskan, per 15 Juni 2020 sebanyak 1.311 Km proyek JTTS sedang memasuki tahap studi kelayakan, dari target 2.765 Km. Sementara, panjang ruas yang sudah memasuki persiapan kontruksi tercatat 319 Km, dari target 1.454 Km.

"Sedangkan, yang sudah masuk tahap kontruksi sebanyak 771 km dari target 1.135 km. Kemudian, yang sudah beroperasi baru 364 Km," ujarnya.

(Baca: Erick Thohir Disebut Ajukan PMN BUMN Tahun Depan hingga Rp 70 Triliun)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...