91 Juta Data Pengguna Beredar di Forum Peretas, Tokopedia Lapor Polisi

Desy Setyowati
5 Juli 2020, 20:18
91 Juta Data Pengguna Beredar di Forum Peretas, Tokopedia Lapor Polisi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.
Ilustrasi, pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia masih beredar di forum peretas (hacker) dan bisa diunduh gratis. Perusahaan pun melaporkan kasus ini ke kepolisian.

Tokopedia mengatakan ada pihak ketiga, yang tidak berwenang, mengunggah informasi terkait cara mengakses data pengguna yang dicuri, di media sosial dan forum internet. Data pengguna yang dimaksud yakni yang bocor sebelumnya.

Perusahaan e-commerce itu menegaskan, bahwa ini bukan upaya pencurian data yang baru. “Informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak kepada Katadata.co.id, Minggu (5/7).

(Baca: 91 Juta Data Pengguna Tokopedia yang Bocor Masih Bisa Diunduh Gratis)

Tokopedia juga telah melaporkan kasus tersebut kepada kepolisian. “Kami juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum,” kata Nuraini.

Perusahaan mengatakan, informasi terkait insiden pencurian data telah disampaikan kepada pengguna secara transparan dan berkala. Tokopedia juga berkoordinasi dengan pemerintah dan berbagai pihak berwenang terkait insiden kebocoran data sebelumnya.

Salah satu unicorn Tanah Air itu juga telah menerapkan berbagai upaya keamanan sesuai standar internasional. “Kami sudah mengarahkan pengguna atas langkah-langkah lebih lanjut yang harus mereka ambil untuk memastikan perlindungan data pribadi,” ujar dia.

Respons tersebut menanggapi temuan Chairman Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha, bahwa 91 juta data pengguna Tokopedia masih beredar di forum peretas. (Baca: Surati Pengguna, CEO Tokopedia Akui Pihak Ketiga Mencuri Data)

Hal itu diketahui setelah salah satu anggota di grup Facebook membagikan tautan (link) untuk mengunduh data tersebut kemarin (4/7). Grup Facebook terkait keamanan siber ini diikuti oleh 15 ribu orang.

Saat ditelusuri, tautan itu bersumber dari akun bernama @Cellibis di forum Raidsforum yang diunggah pada 3 Juli. Akun ini membagikan 91 juta data pengguna Tokopedia secara gratis.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...