Diputuskan Hari Ini, Inggris Dikabarkan Setop 5G Huawei Akhir 2020

Desy Setyowati
14 Juli 2020, 16:08
Diputuskan Hari Ini, Inggris Dikabarkan Setop 5G Huawei Akhir 2020
123RF.com
Ilustrasi Huawei

Inggris akan memutuskan kebijakan terkait penggunaan jaringan internet generasi kelima (5G) Huawei pada hari ini. Kabarnya, Perdana Menteri Boris Johnson akan melarang pemakaian teknologi baru milik perusahaan asal Tiongkok itu pada akhir tahun ini.

Berdasarkan cetak biru (blueprint) yang diajukan, perusahaan telekomunikasi Inggris tidak akan dapat menambahkan komponen baru milik Huawei pada akhir tahun ini. “Setelah itu, semua peralatan milik Huawei akan dihapus dari infrastruktur 5G pada 2027,” demikian kata sumber Bloomberg, Selasa (14/7).

Johnson, para menteri senior dan kepala keamanan dijadwalkan membahas proposal terkait teknologi Huawei pada pertemuan Dewan Keamanan Nasional (NSC) hari ini. Hasilnya akan diumumkan sekitar Pukul 11.30 GMT.

(Baca: Bisnis Terhambat karena Trump, Laba Huawei Tetap Tumbuh 9,2% per Juni)

Pejabat tinggi dari badan lingkungan hidup Inggris, George Eustice mengatakan, sanksi Amerika Serikat (AS) kepada Huawei menjadi salah satu pertimbangan. "Jelas konteksnya, ada sedikit perubahan karena beberapa sanksi dari AS," kata dia kepada Sky News, dikutip dari Reuters.

“Sanksi AS memiliki dampak ‘berat’ bagi perusahaan, yang secara signifikan mengubah perhitungan GCHQ,” demikian tertulis pada laporan National Cyber ​​Security Center GCHQ.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...