10 Tempat Wisata di Semarang Ini Menarik untuk Dikunjungi

Image title
11 Maret 2022, 10:22
Bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda di Wilayah Kota Lama, Semarang, jawa Tengah, Kamis, (12/8/2021). Kota Lama merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda di Wilayah Kota Lama, Semarang, jawa Tengah, Kamis, (12/8/2021). Dahulu kala Kota Lama Semarang merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan pada abad ke-19. Saat ini tersisa sekitar 50 bangunan bergaya Eropa tahun 1700-an dengan ciri khas tinggi, besar, dan serba lebar. Hal tersebut bisa dilihat dari ukuran pintu dan jendela dalam tiap bangunan.\\

Semarang secara geografis dan sosiologis memiliki daya tarik pariwisata dengan karakter dan keunikan sehingga menjadi salah satu destinasi wisata nasional. Ada beragam tempat wisata di Semarang yang menyajikan keindahan alam dan buatan untuk menarik wisatawan.

Selengkapnya, berikut tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Advertisement

1. Kota Lama

Keindahan bangunan kuno peninggalan masa penjajahan Belanda masih dirawat dan dilestarikan di Kota Lama Semarang. Tempat wisata ini terletak di Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebagai upaya pelestarian, Kota Lama dikategorikan sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional menurutSurat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 682/P/2020.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan di Kota Lama. Deretan kafe yang menjajakan minuman dan makanan dapat dijadikan pilihan untuk melepas lelah. Ada juga Gereja Blenduk yang ikonik untuk latar foto yang menarik.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa (instagram.com/ambarawa_railways)

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan tempat wisata di Semarang yang bersejarah. Lokasinya berada di Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi museum bersejarah, tempat ini berfungsi sebagai stasiun kereta api dengan nama Stasiun Willem I dan diresmikan pada 21 Mei 1878. Karena jalur kereta sudah tidak aktif, stasiun dialihfungsikan sebagai museum pada 9 April 1976.

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung dapat menikmati koleksi lokomotif uap, koleksi benda antik, tur wisata edukasi, koleksi buku, dan spot foto dengan tema vintage. Tiket masuk tempat wisata ini dijual mulai dari harga Rp5 ribu untuk anak-anak dan Rp10 ribu untuk dewasa. Wisatawan juga dapat berkeliling menggunakan kereta api biasa dengan biaya Rp 50 ribu dan kereta api diesel untuk kapasitas 40 orang mulai dari Rp5 juta.

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park
Saloka Theme Park (salokapark.com)

Saloka Theme Park merupakan taman hiburan dan taman rekreasi keluarga terbesar di Jawa Tengah yang berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini dibangun di tanah seluas 18 hektar diresmikan 15 Desember 2018. Terdapat 25 wahana di Saloka Theme Park yang terbagi ke dalam lima zona, yaitu Zona Pesisir, Belantara, Segara Prana, Kamayayi, dan Ararya.

Selain wahana yang menarik, Saloka Theme Park juga menyediakan fasilitas foodcourt dan fasilitas umum lainnya yang membuat pengunjung nyaman ketika berlibur ke sini.

4. Air Terjun Kali Pancur

Lokasi objek wisata Air Terjun Kali Pancur ini cukup tersembunyi di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di di Desa Nogosaren, Kec. Getasan, Semarang. Air terjun Kali Pancur merupakan salah satu air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah dengan tinggi sekitar 100 meter.

Dari area parkir, wisatawan harus menuruni sekitar 900 buah anak tangga terlebih dahulu untuk tiba di titik lokasi air terjun. Rindangnya pepohonan membuat udara terasa sejuk. Sesampainya di lokasi, rasa lelah setelah menyusuri anak tangga serasa terbayarkan dengan keindahan dan gemuruh air terjun yang berdebur megah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Kali Pancur adalah pagi hari. Keindahannya cocok diabadikan sebagai objek foto. Ada pula fasilitas pelengkap seperti toilet umum yang bersih, mushola yang lengkap dengan sarung, mukena, dan sajadah, serta lahan parkir.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong
Kelenteng Sam Poo Kong (kemlu.go.id)

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jl. Simongan No. 129 Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jarak klenteng dari pusat Kota Simpang Lima Semarang hanya 4,1 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Klenteng Sam Poo Kong didirikan pada tanah seluas luas 3,2 hektar dan memiliki 5 bangunan. Klenteng ini didirikan sebagai penghormatan Laksamana Cheng Ho, yakni seorang penjelajah Tiongkok yang singgah di Semarang dalam perjalanannya menyebarkan perdamaian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement