Pertamina Diminta Ganti Fasilitas Produksi Hulu Migas yang Sudah Tua

Image title
19 Juli 2021, 12:08
pertamina, tumpahan minyak, kebocoran minyak
ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar/aww.
Sejumlah warga mengumpulkan tumpahan minyak mentah milik Pertamina yang tercecer kembali di pesisir Pantai Cemarajaya, Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).

SKK Migas kembali buka suara mengenai insiden kebocoran pipa minyak yang beberapa tahun belakangan ini sering terjadi di wilayah kegiatan operasi anak usaha hulu Pertamina. Seperti di Pertamina Hulu Energi ONWJ (PHE ONWJ) dan Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan bahwa insiden kebocoran pipa minyak memang kerap terjadi di wilayah tersebut. Penyebabnya, fasilitas produksi yang digunakan Pertamina dalam menunjang operasinya sudah tak layak digunakan.

"Saya kira kita sudah maklum, karena di sana banyak sekali fasilitas produksi yang sudah berumur, dan memang banyak pekerjaan yang sifatnya hanya perbaikan dan tidak mengganti secara keseluruhan," ujar Julius dalam Jumpa Pers Kinerja Hulu Migas Semester I tahun 2021, Jumat (16/7).

Oleh karena itu, dua tahun terakhir ini pihaknya terus membicarakan kondisi tersebut dengan Pertamina. SKK Migas meminta agar Pertamina melakukan kalkulasi dan mengganti fasilitas yang sudah tua, supaya operasional produksi tidak kerap terganggu.

Adapun studi untuk penggantian fasilitas produksi di dua wilayah operasi tersebut telah mencapai final. Pertamina nantinya akan mengganti pipa jalur utama yang sudah tak layak digunakan.

"Karena kalau fasilitas tua ditambal sana tambal sini akan bocor terus menerus dan sekarang sudah kami putuskan untuk diganti dan skenario operasi Pertamina ONWJ dan OSES akan kami ubah," katanya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu insiden tumpahan minyak di sekitar Blok ONWJ kembali terulang setelah terjadinya kebocoran pipa di fasilitas tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...