Pertamina Naikkan Harga BBM Pertamax Turbo dan Dex hingga Rp1.000

Image title
4 Maret 2022, 11:33
harga bbm, pertamax, harga minyak, pertamina, pertamina dex
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Karyawan melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan konsumen di SPBU Coco Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/2/2020). PT Pertamia (Persero) terus mempercepat penerapan digitalisasi SPBU untuk meningkatkan kepastian takaran, dari total lebih dari lima ribu SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar tiga ribu SPBU sudah di digitalisasi dan sisanya akan terus dilakukan pada tahun 2020.

Pertamina kembali menyesuaikan harga BBM umum untuk beberapa produk. Hal tersebut merespons adanya kenaikan harga minyak mentah dunia yang akhir-akhir ini telah menembus US$ 100 per barel.

Berdasarkan pernyataan resmi perusahaan pada Kamis (3/3), penyesuaian dilakukan mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Advertisement

Adapun penyesuaian dilakukan terhadap sejumlah produk seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Ketiga produk BBM umum tersebut mengalami kenaikan harga yang bervariasi berdasarkan masing-masing wilayah.

Untuk Pertamax Turbo di wilayah DKI Jakarta misalnya, mengalami kenaikan Rp 1.000 dari yang awalnya Rp 13.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter. Sementara untuk harga jual Dexlite mengalami kenaikan dari Rp 12.150 per liter menjadi Rp 12.950 per liter. Berikutnya, untuk Pertamax Dex dari Rp 13.200 per liter kini naik menjadi Rp 13.700 per liter.

Kenaikan harga di DKI Jakarta tersebut juga sama dengan wilayah lain seperti di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB. Sedangkan untuk daerah lain menyesuaikan masing-masing.

Sebelumnya, kenaikan harga BBM telah dilakukan terlebih dulu oleh Shell Indonesia untuk periode Maret 2022. Ini setelah pada bulan sebelumnya perusahaan juga melakukan penyesuaian harga pada produk BBM-nya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement