SKK Migas Prediksi Produksi Minyak Tahun Ini Capai Titik Terendah

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Maret 2022, 11:55
produksi minyak, skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA

Produksi minyak mentah Indonesia tahun ini diperkirakan tidak mencapai target 703.000 barel per hari (bph). Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abudurrahman bahkan mengatakan bahwa tahun ini akan menjadi titik tertendah dalam produksi minyak nasional.

"Target produksi 703.000 bph akan sulit dilakukan karena capaian produksi di awal tahun yang jauh dari target produksi yang ditetapkan, hampir 40.000 bph di bawah target," ujarnya dalam Energy Corner, Senin (28/3).

Advertisement

Menurutnya, tahun ini merupakan upaya kembali menggenjot produksi pasca-pandemi Covid-19. Ia berharap, walau sulit memenuhi target, SKK Migas akan terus berupaya mengejar target produksi 703.000 bph.

“Kalau ditanya seberapa optimis? Mungkin tidak akan 100% mencapai target, tapi kami akan terus mengejar target itu,” sambungnya.

Hal yang berbeda terjadi pada produksi gas. Menurut fatar, realisasi produksi tak berbeda jauh dengan target. Pada tahun ini, tren lifting gas bumi mencapai 1.036 MBOEPD. Jumlah ini lebih tinggi dari 2021 di angka 982 MBOEPD. Simak databoks berikut:

Dari jumlah tersebut, diperkirakan 40% gas alam cair (LNG) di ekspor ke sejumlah negeri seperti Korea, Jepang, Cina, dan Taiwan. “Ekspor LNG pasti menguntungkan karena harganya linked (berkaitan) dengan ICP. Kalau ICP naik, LNG akan naik,” ujar Fatar.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement