Pertamina Terapkan Teknologi CEOR Lapangan Minas Blok Rokan pada 2025

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Agustus 2022, 11:57
pertamina, blok rokan, wk rokan, wk migas, blok migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Sejumlah karyawan menaiki anak tangga di Rig (alat pengeboran minyak bumi) PDSI 49 milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau, Senin (8/8/2022).

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengajukan draf rencana pengembangan Chemical Enhanced Oil Recovery (CEOR) Tahap 1 di Lapangan Minas Wilayah Kerja (WK) Rokan, Riau. PHR berencana menjalankan CEOR Tahap 1 melalui injeksi perdana surfaktan di Lapangan Minas sekitar akhir 2025.

Direktur Utama PHR Jaffee A. Suardin menyerahkan dokumen tersebut kepada Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam kunjungan kerja di Kompleks PHR di Rumbai, Pekanbaru, pada Senin (8/8) kemarin. Adapun finalisasi dari POD direncanakan dapat selesai dalam beberapa bulan ke depan.

”Pengembangan CEOR merupakan bagian dari Komitmen peningkatan cadangan dan produksi dalam periode lima tahun pertama sejak alih kelola WK Rokan pada 9 Agustus 2021 lalu,” kata Suardin dalam siaran pers yang dikutip pada Selasa (9/8).

Suardin menjelaskan, rencana pelaksanaan tahap 1 mencakup 37 sumur termasuk sumur produksi, injector, observasi, dan disposal dengan menerapkan konfigurasi sumur berpola 7 spot inverted irregular. Surfaktan dialirkan ke dalam sumur minyak untuk melepaskan sisa-sisa minyak yang terperangkap dalam pori-pori batuan di reservoir.

Surfaktan bekerja menurunkan tegangan antar muka antara minyak bumi dengan air sehingga dapat meningkatkan perolehan minyak bumi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...