Erick Thohir Cek Pasokan Pertalite dan Solar Pertamina, Ini Hasilnya

Muhamad Fajar Riyandanu
7 September 2022, 21:16
Erick Thohir
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) didampingi Senior Vice President Integrated Enterprise Data and Command Center Ignatius Sigit Pratopo (kanan) mengamati layar saat melakukan kunjungan ke Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) di Grha Pertamina, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Pertalite dan Solar masing-masing berada pada level 17 hari dan 18 hari.

Sementara itu, untuk ketersediaan BBM non-subsidi Pertamax berada pada level 49 hari dan Pertamax Turbo pada level 99 hari. Selanjutnya Dex pada level 76 hari dan Avtur berada pada level 31 hari.

“Kuota atau stok dalam kondisi aman, serta distribusi aman dan tidak bocor, efisien dan efektif,” kata Erick saat meninjau fasilitas Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) pada Rabu (7/9).

PIEDCC merupakan sistem yang dibangun Pertamina ini bisa mendeteksi ketersediaan, distribusi, hingga potensi kebocoran BBM secara langsung atau real time.

Erick meninjau PIEDCC di Gedung Grha Pertamina, Jakarta Pusat didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Erick memantau layar besar yang menyajikan kondisi SPBU Pertamina di berbagai wilayah Indonesia dan meninjau langsung data ketersediaan BBM di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Nicke menjelaskan, lewat PIEDCC bisa terpantau aliran mulai dari produksi hingga penyaluran BBM ke masyarakat. Bahkan sistem PEDCC bisa memantau langsung potensi kebocoran distribusi di lapangan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...