Akuisisi Blok Masela Segera Tuntas, Pertamina Raih 20%, Petronas 15%

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Juli 2023, 18:55
blok masela, pertamina, petronas, shell, skk migas
Katadata/Ratna Iskana
Akuisisi 35% saham milik Shell di proyek Abadi LNG Blok Masela oleh konsorsium Pertamina dan Shell akan segera tuntas.

SKK Migas membeberkan bahwa konsorsium Pertamina dan Petronas tengah menyusun perjanjian jual beli saham atau sales and purchase agreement (SPA) untuk disepakati bersama Shell sebagai instrumen alih aset 35% hak partisipasi pada proyek gas alam cair (LNG) Blok Masela.

Pemerintah menargetkan SPA dapat ditandatangani paling lambat pertengahan Juli 2023. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan Pertamina akan mengambil porsi lebih banyak dari hak kepemilikan 35% di dalam konsorsium tersebut.

Pertamina bakal mencaplok 20% hak partisipasi, sedangkan Petronas akan menggenggam 15%. Nantinya, konsorsium Pertamina dan Petronas akan berkolaborasi dengan Inpex Corporation sebagai operator sekaligus pemegang saham mayoritas Blok Masela.

Dwi mengatakan, angka pembagian persentase hak kepemilikan antara Pertamina dan Petronas itu mengacu pada kesepakatan awal dan baru menjadi final jika sudah ada mufakat di lembar SPA.

"Kalau tidak salah rencana mereka yakni 20% Pertamina dan 15% Petronas. Pertamina tentu harus lebih banyak. Tapi ini masih tergantung pada keputusan terakhir," kata Dwi di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (3/7).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...