Harga Minyak Naik Usai Arab dan Rusia Perpanjang Pengurangan Produksi

Happy Fajrian
3 Juli 2023, 18:37
harga minyak
Katadata
Ilustrasi kilang minyak.

Harga minyak dunia naik nyaris 1% usai Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pengurangan produksi minyak untuk Agustus di tengah kekhawatiran atas perlambatan ekonomi global dan potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) lebih lanjut.

Arab Saudi pada Senin (3/7) menyatakan akan memperpanjang pemotongan produksi secara sukarela sebesar 1 juta barel per hari (bph) untuk satu bulan lagi termasuk Agustus.

Sementara itu Rusia, yang tengah berusaha untuk menaikkan harga minyak dunia bersama Arab Saudi, akan mengurangi ekspor minyaknya sebesar 500 ribu bph pada Agustus, yang berpotensi memperketat pasokan global lebih lanjut.

Baik Arab Saudi maupun Rusia telah berusaha mendorong harga minyak. Brent telah turun dari level US$ 113 per barel yang dicapai tahun lalu, yang disebabkan kekhawatiran perlambatan ekonomi dan pasokan yang ketat dari negara-negara produsen utama.

Minyak mentah Brent hari ini naik 0,9% menjadi US$ 76,09 per barel setelah pada Jumat naik 0,8%. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) naik hampir 1% menjadi US$ 71,33 setelah pada sesi sebelumnya naik 1,1%.

“Investor berubah optimis ketika paruh kedua tahun ini dimulai; mereka memperkirakan neraca minyak yang lebih ketat dan ekuitas yang kuat juga menunjukkan bahwa resesi akan dihindari, meskipun mungkin secara tipis,” kata analis PVM Tamas Varga seperti dikutip Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...