PGN Salurkan 523 BBTUD Gas Bumi ke Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Juli 2023, 11:27
PGN
Pertamina
PGN

PT Perusahaan Gas Negara alias PGN menyalurkan 525 billion british thermal unit (BBTUD) gas bumi kepada konsumen sektor industri, komersial maupun rumah tangga di wilayah operasi II Jawa Bagian Barat yang terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Mayoritas ditujukan untuk sektor industri. 

Direktur Operasi dan Penjualan PGN Wilayah Operasi II, Sonny Rahmawan Abdi, menjelaskan distribusi gas bumi ke daerah Jawa Bagian Barat menyasar ke 1.450 pelanggan.

Sebanyak 1.441 konsumen sektor komersial industri dengan serapan gas bumi 324, 2 BBTUD dan sembilan pelanggan korporat sektor ketenagalistrikan hingga 201,2 BBTUD. Selain itu, PGN juga menyalurkan gas bumi ke 228.036 pelanggan sektor rumah tangga sejumlah dan 786 pelanggan kecil dan UMKM.

Sonny menjelaskan, penyaluran gas bumi ke wilayah Jawa Bagian Barat berjalan progresif karena mendapat dukungan dari kelengkapan infrastruktur PGN yang terintegrasi.

Prasarana tersebut berupa pipa gas hingga terminal terapung alias floating storage receiving terminal (FSRU) yang dilengkapi fasilitas untuk menampung LNG dan fasilitas untuk mengubah LNG menjadi gas atau regasifikasi.

"Hal ini yang memberi keandalan penyaluran gas kepada pelanggan,” kata Sonny dalam siaran pers pada Selasa (11/7).

PNG memiliki fasilitas jaringan pipa sepanjang 3.223 kilometer (Km) yang membentang dari Banten hingga Jawa Barat. Jaringan pipa itu terbagi 1.811 Km pipa baja dan 1.412 pipa polyethylene yang ditopang dengan infrastruktur pendukung berupa 351 stasiun pembagi dan tiga stasiun offtake.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...