Jokowi Tak Gentar Gugatan Freeport: Hilirisasi Tak Akan Berhenti

Andi M. Arief
10 Agustus 2023, 13:01
jokowi, freeport, tambang
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi para artis memberikan keterangan pers usai menaiki LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Presiden Joko Widodo akan menghadapi Freeport jika rencana gugatan induk PT Freeport Indonesia tersebut dilayangkan. Seperti diketahui, Freeport-McMoran berencana menggugat bea keluar yang dikenakan setelah mengekspor 1,7 juta metrik ton konsentrat tembaga hingga Mei 2024.

Jokowi menekankan program hilirisasi pemerintah tidak akan berhenti atas gugatan tersebut. Menurutnya, banyak pihak yang bisa merugikan keinginan nasional untuk industrialisasi mineral di dalam negeri.

"Ya enggak apa-apa Freeport menggugat, yang jelas hilirisasi tidak akan berhenti," katanya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Kamis (10/8).

Regulasi mengenai pengenaan tarif bea keluar tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 71 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 39 Tahun 2022 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Rencana pengajuan gugatan itu tertulis pada dokumen laporan Triwulan kedua Freeport-McMoran kepada US Securities and Exchange Commision pada Kamis (3/8).

Vice President dan Chief Accounting Officer Freeport-McMoRan, Ellie L. Mikes, mengatakan PTFI tak lagi wajib membayar tarif bea keluar konsentrat tembaga. Hal ini setelah progres pembangunan smelter Gresik smelter tembaga baru di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik mencapai 50%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...