Pertamina Jajaki Peluang Kerja Sama Energi dengan Kenya  

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
21 Agustus 2023, 18:08
Pertamina group turut menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi untuk pertama kalinya dalam lawatan ke Afrika 20-24 Agustus 2023.
Pertamina
Pertamina group turut menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi untuk pertama kalinya dalam lawatan ke Afrika 20-24 Agustus 2023.

Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina International Exploration and Production (PIEP) dan Pertamina Geothermal Energy (PGE) menjajaki peluang kerja sama dengan melakukan kesepakatan perusahaan energi di Kenya.

Hal ini ditandai dengan turut andilnya Pertamina group menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi untuk pertama kalinya dalam lawatan ke Afrika 20-24 Agustus 2023.

Adapun, kerja sama itu berupa pengembangan potensi di sektor upstream dan panas bumi. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, kerja sama ini menggelorakan semangat Pertamina sebagai BUMN, yang membawa spirit pemerintah dalam hubungan bilateral dengan negara-negara di Afrika, salah satunya Kenya.

“Kami membawa spirit pemerintah, semangat Konferensi Asia Afrika, Bandung tahun 1955. Kita sekarang kerja sama dalam pengembangan ekonomi. Pertamina sendiri membuka peluang kerja sama sektor upstream hingga downstream, termasuk geothermal di Kenya,” ucap Nicke, dalam keterangan tertulis, Senin (21/8).

Menurut Nicke, dalam setiap kerja sama yang dilakukan Pertamina Group, akan diutamakan kerja sama yang menguntungkan bagi negara Indonesia. 

Spirit bring the barrel home, footprint Pertamina di sektor hulu untuk meningkatkan produksi, agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri, untuk meningkatkan ketahanan energi nasional kita,” tambahnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...