PGE dan Perusahaan Kenya Kerja Sama Pengembangan Teknologi Panas Bumi

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Agustus 2023, 09:21
PGE
PGE
Panas Bumi PGE

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan energi yang berbasis di Kenya, Africa Geothermal International Limited (AGIL), untuk pengembangan teknologi dan pemanfaatan sumber daya panas bumi.

Melalui kerja sama yang disepakati pada Ahad, 20 Agustus kemarin, PGE berpeluang mempelajari pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan teknologi panas bumi untuk diimplementasikan di Indonesia. Kesepakatan tersebut juga menjadi langkah awal PGE untuk berekspansi dalam pengembangan geothermal di Kenya.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan perseroan berambisi memperluas kiprahnya di mancanegara guna memperkuat ketahanan energi di Tanah Air.

Pertamina dan Subholding menginisiasi sejumlah potensi kerja sama strategis dengan beberapa perusahaan energi di Afrika, diantaranya: Dalam bidang hulu migas, pengembangan infrastruktur serta kilang pengolahan, hingga potensi kerjasama distribusi produk hilir dan pengembangan energi baru dan terbarukan panas bumi atau geothermal.

Nicke menambahkan, beberapa kerja sama yang akan dicanangkan Pertamina Group di Afrika dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo pada 20-24 Agustus 2023.

"Kerjas ama ini dapat memperkuat kerjasama antar negara-negara Afrika dan juga kerjasama secara global,” kata Nicke di sela lawatannya ke Kenya, seperti disiarkan dalam siaran pers pada Senin (21/8).

Di sisi bisnis hulu, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) juga menjajaki potensi kerjasama dengan National Oil Corporation of Kenya.

"Spirit bring the barrel home, footprint Pertamina di sektor hulu untuk meningkatkan produksi, agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri,” ujar Nicke.

Tak hanya di sisi hulu dan panas bumi, Pertamina juga memiliki kesempatan ekspansi di berbagai bidang energi dengan adanya kerja sama Government to Government antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kenya. Kerjasama bilateral ini turut membuka peluang investasi dan kerja sama Pertamina di kawasan Afrika.

Sebelum lawatan tersebut, Pertamina memiliki Nota Kesepahaman dengan GUMA, perusahaan energi di Afrika, tentang Aliansi Strategis dalam proyek-proyek potensial di upstream, midstream, dan bisnis downstream.

Kerja sama tersebut termasuk eksplorasi dan produksi lapangan migas, pengembangan pipa migas, hingga pengembangan kilang minyak dan petrokimia. Selain itu, juga perdagangan produk petroleum Pertamina di Kenya. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...