Pertamina Jajaki Peluang Kerja Sama Migas dan Panas Bumi di Kenya

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Agustus 2023, 09:13
Pertamina
PGE
Ilustrasi panas bumi

PT Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina International Exploration and Production (PIEP) dan Pertamina Geothermal Energy (PGE) menjajaki peluang kerja sama dengan perusahaan energi di Kenya. Kerja sama itu berupa pengembangan potensi di sektor hulu migas dan panas bumi.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan kolaborasi ini memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara di Afrika, satu diantaranya yakni Kenya.

"Kami sekarang kerja sama dalam pengembangan ekonomi. Pertamina sendiri membuka peluang kerja sama sektor upstream hingga downstream, termasuk geothermal di Kenya,” kata Nicke dalam siaran pers pada Senin (21/8).

Nicke menambahkan, upaya menjalin kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. “Spirit bring the barrel home, footprint Pertamina di sektor hulu untuk meningkatkan produksi, agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri," ujar Nicke.

PT Pertamina berencana untuk membangun fasilitas kilang minyak di Kenya. Rencana itu merupakan tindak lanjut dari tawaran pemerintah negara Afrika Timur tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan kilang minyak di Kenya dapat menjadi peluang untuk menambah pasokan minyak dan BBM domestik. Apalagi, Indonesia saat ini berstatus sebagai negara importir minyak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...