Pertamax Green 92 Diusulkan jadi BBM Subsidi, ini Respons Menteri ESDM

Nadya Zahira
31 Agustus 2023, 19:35
pertamax green, subsidi bbm, bbm subsidi, pertalite
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Petugas bersiap melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Green 95 saat peluncuran BBM tersebut di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Pertamina mengusulkan pengalihan sasaran BBM bersubsidi dari Pertalite ke Pertamax Green 92. Hal ini demi meningkatkan kadar oktan BBM subsidi dari research octane number (RON) 90 atau Pertalite, menjadi RON 92.

Adapun peningkatan RON pada produk Pertalite menjadi setara Pertamax dilakukan dengan mencampur Pertalite dengan kandungan etanol 7% bioetanol alias E7 sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, pada intinya saat ini pemerintah tengah mendorong ketersediaan produk BBM yang ramah lingkungan. Menurut dia, dengan adanya peningkatan oktan Pertalite menjadi RON 92 akan semakin bagus karena dapat mengurangi polusi udara.

"Jadi kami mau cari jenis BBM yang ramah lingkungan. Kalau oktan numbernya makin tinggi maka akan semakin bagus," ujar Arifin saat ditemui di Gedung DPR RI, Kamis (31/8).

Menurut Arifin, BBM yang ramah lingkungan juga bisa mengurangi gas pencemar seperti nitrogen oksida (NOx) dan sulfur oksida (SOx). Sehingga pihaknya akan terus mendorong tersedianya produk BBM yang ramah lingkungan, dan rencana tersebut sedang dikaji.

Dia mengatakan, meskipun setiap kendaraan terbilang hanya sedikit yang mengeluarkan gas pencemar, namun mengingat banyaknya kendaraan di Indonesia, maka jika diakumulasikan jumlah gas pencemar yang dihasilkan tersebut lambat laun bisa menjadi banyak.

"Nah, kemudian sekarang kita juga harus bisa membangun kesadaran masyarakat terhadap bahaya emisi ini yang dihasilkan dari gas pencemar tersebut,” ujar Arifin.

Di sisi lain, Arifin mengatakan pihaknya belum mempertimbangkan dan mendiskusikan terkait apakah Pertamax Green 92 juga termasuk dalam jenis BBM bersubsidi. Mengingat, Pertamax Green 92 yang asalnya dari Pertalite diusulkan untuk tetap disubsidi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...