Keputusan Pertalite Diganti Pertamax Green 92 Tergantung Harga Minyak

Andi M. Arief
31 Agustus 2023, 18:30
pertamax, pertalite, esdm
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyatakan pemerintah masih mengkaji penggunaan teknis Pertamax Green 92 di lapangan. Menurutnya, proses pembakaran jenis bahan bakar tersebut memang lebih sempurna.

Namun Arifin belum memastikan apakah Pertamax Green 92 akan menggantikan Pertalite di pasar. Menurutnya, hal tersebut akan bergantung pada harga minyak mentah di pasar.

Pasalnya selisih harga kedua bahan bakar terlalu jauh. "Kalau nanti harga minyak sekitar US$ 60 per barel, baru bisa enak dipakai di masyarakat," kata Arifin di Istana Kepresidenan, Kamis (31/8).

Berdasarkan Investing.com, harga minyak mentah West Texas Intermediate berjangka mencapai US$ 82 per barrel per Agustus 2023. Angka tersebut naik 43,13% dibandingkan realisasi Agustus 2022 senilai US$ 57,29 per barrel.

Arifin menjelaskan Pertamax Green akan berbeda dengan Pertamax lantaran dicampur dengan etanol. Dengan demikian, angka oktan bahan bakar dapat meningkat dengan proses pembakaran yang lebih bagus.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...