Vale Indonesia Akui Vale Canada - Sumitomo Sepakati Block Voting Saham

Muhamad Fajar Riyandanu
1 September 2023, 11:23
Vale
Kantor Staf Presiden
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko didampingi Deputi II KSP Abetnego Tarigan mengunjungi operasi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), di Sorowako Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Selasa (30/5/2023).

PT Vale Indonesia (Vale) membenarkan adanya perjanjian block voting yang disepakati antara pemegang saham mayoritas perseroan, yakni Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining (SMM). Kesepakatan block voting terjadi saat divestasi 20% saham Vale oleh MIND ID pada 2020 lalu.

Sebagai informasi, VCL merupakan pemegang saham mayoritas Vale dengan menggengam 43,79% saham, dan porsi kepemilikan saham Sumitomo Metal Mining (SMM) tercatat 15%.

Mekanisme block voting agreement memungkinkan VCL untuk berkonsolidasi dengan SMM. Hal tersebut membuat SMM mengikuti keputusan VCL dalam menentukan rencana operasional Vale.

“PT Vale membenarkan adanya kesepakatan block voting sehubungan dengan perjanjian pemegang saham yang ditandatangani pada tahun 2020 dalam rangka keseluruhan transaksi divestasi,” kata Direktur Keuangan Vale Indonesia, Bernardus Irmanto lewat siaran pers, Kamis (31/8). 

Dia menambahkan segala perubahan terhadap perjanjian block voting itu sepenuhnya menjadi kewenangan para pemegang saham. 

“PT Vale bukan merupakan pihak dalam perjanjian ini dan segala perubahan terhadap perjanjian tersebut merupakan kewenangan para pemegang saham,” ujar Bernardus.

Transaksi divestasi 20% saham Vale kepada MIND ID juga mengatur syarat dan ketentuan terkait pengendalian keuangan dan operasional atas PT Vale Indonesia oleh VCL, sekaligus konsolidasi keuangan dan produksi dalam laporan keuangannya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...