Perang Israel-Hamas Picu Harga Minyak Naik Lebih 4% Dekati US$90/Barel

Happy Fajrian
10 Oktober 2023, 12:45
harga minyak,
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat.

Harga minyak naik hingga 4% dengan Brent mendekati level US$ 90 per barel. Lonjakan harga minyak dipicu memanasnya geopolitik dari perang antara Israel dan Hamas, Palestina.

Brent hari ini, Selasa (10/10) diperdagangkan di posisi US$ 87,79 per barel atau turun 0,41% dibandingkan sehari sebelumnya yang berakhir di level US$ 88,15. Namun brent sempat menyentuh level US$ 89 per barel atau naik 4,22%.

Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) sempat naik hingga 4,34% ke level 87,24 per barel. Sedangkan hari ini WTI diperdagangkan di level US$ 86 per barel.

Perang Israel-Hamas yang pecah pada Sabtu (7/10) menghidupkan kembali ketegangan di Timur Tengah, yang baru saja menyaksikan pemulihan hubungan antara beberapa negara Arab dan Israel. Sebelum serangan itu, AS juga merundingkan normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

“Situasinya tegang dan beberapa pihak menyebut ini sebagai momen 9/11 di Israel, risiko eskalasi masih tinggi ketika Israel dan AS juga mungkin meresponsnya,” kata Ole Hansen, Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, seperti dikutip dari Oilprice.com Selasa (10/10).

Hansen menambahkan perang ini tidak berdampak pada pasokan minyak. Namun lonjakan harga di pasar didorong oleh para pedagang yang menambahkan kembali premi risiko geopolitik ke dalam harga dan permintaan baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...