SKK Migas Beberkan Rencana Eni Kembangkan Cadangan Gas WK North Ganal

Mela Syaharani
13 Oktober 2023, 11:31
skk migas, eni, wk north ganal, cadangan migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi rig pengeboran migas.

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni, melaporkan temuan cadangan gas jumbo di Wilayah Kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur. Mengenai penemuan ini, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa Eni memiliki strategi khusus dimana akan menggabungkan beberapa lapangan di WK North Ganal.

“Nanti IDD (Indonesia Deepwater Development) ada 3 lapangan, dua lapangan di selatan akan connect ke (lapangan) Jangkrik untuk memperpanjang umur Jangkrik,” kata Dwi Soetjipto saat ditemui Katadata di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/10).

Selain menggabungkan beberapa lapangan ke Jangkrik, ENI juga akan membangun konektivitas WK North Ganal dan Rapak menuju kilang Bontang. “Targetnya sekarang masih kasar akan dijalankan 5, yang ketiga siap untuk jalan untuk 2 lagi tunggu satu tahun lagi untuk jalan,” jelasnya.

Membahas soal IDD, Soetjipto mengatakan akan dihubungkan dengan Geng North. “Eni sekarang masih hitung-hitung, kasarnya IDD utara dan Geng North on stream 2027,“ ujarnya.

Mengenai target onstream tersebut, Dwi menyebut SKK Migas akan mendukung. “Insya allah menurut target mereka (2027), kita support sebaik mungkin supaya bisa dipercepat,” lanjutnya.

Temuan Eni di WK North Ganal

Sebagai informasi, berdasarkan perkiraan awal discovered resources sebesar kurang lebih 609 MMBOE (recoverable) ini menjadikan temuan di sumur Geng North – 1 menjadi salah satu dari tiga besar temuan eksplorasi dunia pada 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...