AS Perketat Sanksi Ekspor Minyak Rusia, Harga Minyak Naik hingga 4%

Happy Fajrian
13 Oktober 2023, 19:15
harga minyak
Dok. Chevron

Harga minyak naik lebih dari 4% pada perdagangan Jumat (13/10) seiring langkah Amerika Serikat (AS) yang memperketat sanksi terhadap ekspor minyak mentah Rusia. Ini meningkatkan kekhawatiran pasokan di pasar yang sudah ketat dengan persediaan global diperkirakan turun pada kuartal IV.

Minyak mentah Brent naik hingga 3,99% ke level US$ 89,53 per barel. Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) Amerika naik 4,16% ke level US$ 86,45 per barel. Kedua harga minyak acuan global tersebut sebelumnya telah naik lebih dari 3%.

Meskipun terdapat fluktuasi sepanjang pekan ini, Brent diperkirakan akan memperoleh kenaikan mingguan sekitar 5%, sementara WTI diperkirakan akan naik lebih dari 3,5%, setelah keduanya melonjak pada perdagangan Senin (9/10).

Peningkatan ini didorong oleh potensi gangguan terhadap ekspor Timur Tengah setelah serangan kelompok Islam militan Hamas terhadap Israel pada akhir pekan yang mengancam konflik yang lebih luas.

“Premi risiko geopolitik masih ada dan kemungkinan akan mendukung harga minyak dalam jangka pendek,” kata Kelvin Wong, analis pasar senior di OANDA di Singapura, seperti dikutip Reuters, Jumat (13/10). “Pasar paling khawatir dengan kendala pasokan dari Timur Tengah dan Rusia”.

Namun analis Commerzbank Thu Lan Nguyen dan Casten Fritsch dalam catatannya mengatakan bahwa konflik di Timur Tengah sejauh ini berdampak terbatas pada harga minyak mentah.

“Sejauh ini belum ada tanda-tanda bahwa negara-negara penghasil minyak utama di kawasan ini akan terlibat langsung dalam konflik militer, yang akan mengancam pembatasan produksi minyak mentah negara-negara tersebut,” kata mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...