7 Kementerian Rapat di Kantor ESDM, Bahas Satgas Sawit dan COP28

Mela Syaharani
30 Oktober 2023, 14:27
erick thohir, kementerian esdm, satgas sawit, cop28
Arief Kamaludin|KATADATA
Kantor Kementerian ESDM.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menggelar rapat bersama di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (30/10). Menteri BUMN Erick Thohir yang ditunjuk sebagai Menko Marves ad interim mengatakan rapat ini dihadiri oleh tujuh kementerian yang berada di bawah naungan Kemenko Marves.

“Rapat ini ada hasil dua tadi, pertama soal percepatan mengenai rapat satgas sawit yang nanti 2 November sudah berlaku,” kata Erick kepada Katadata.co.id saat ditemui di kantor Kementerian ESDM.

Sebagai informasi, Erick Thohir yang menjabat sebagai Menteri BUMN ini pada awal Oktober 2023 ditunjuk sebagai Menko Marves ad interim. Hal ini disebabkan oleh keadaan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit dan tengah dirawat di Singapura.

“Saya masih baru, jadi saya masih review, belum bisa memberi tanggapan,” ujarnya. Rapat yang dilaksanakan di Kementerian ESDM disebut Erick sebagai rapat perdana. Nantinya rapat akan diadakan secara bergilir di antara tujuh kementerian di bawah Kemenko Marves.

Tujuh kementerian tersebut yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian PUPR, Kementerian LHK, dan Kementerian Investasi. “Masing-masing berpindah ke berbagai kementerian yang di bawah Menko Marves,” kata dia.

Selain percepatan satgas sawit, Erick menyebut rapat tadi disepakati bahwa pada 8 November nanti akan ada rapat keputusan mengenai bursa karbon yang akan dipresentasikan di konferensi iklim PBB COP28. “Memang akan dipresentasikan untuk COP28 di UEA (Uni Emirat Arab),” kata dia.

COP28 merupakan upaya para menteri iklim negara-negara Uni Eropa melakukan pertemuan untuk mencapai kesepakatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tahun ini. Acara ini berkaitan dengan penghapusan secara bertahap bahan bakar fosil yang menghasilkan karbondioksida (CO2).

Uni Eropa sebagai salah satu negosiator paling ambisius dalam perundingan iklim tahunan PBB, di mana hampir 200 negara merundingkan upaya-upaya untuk memerangi pemanasan global.

Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...