Harga Minyak Turun Lebih 3%, Kekhawatiran Konflik Timur Tengah Mereda

Happy Fajrian
31 Oktober 2023, 06:27
harga minyak, konflik israel palestina, timur tengah,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas beraktifitas di sekitar Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Harga minyak turun lebih dari 3% pada Senin (30/10) seiring meredanya kekhawatiran gangguan pasokan akibat konflik di Timur Tengah antara Israel dan Hamas yang mulai meluas ke wilayah lainnya.

Kini perhatian pasar dan investor tertuju pada pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve atau The Fed, untuk menentukan kebijakan suku bunga.

Harga Brent turun US$ 3,03 atau 3,35% menjadi US$ 87,45 per barel, sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) AS turun US$ 3,23 atau 3,78% menjadi US$ 82,31 per barel.

“Penentu utama di sini adalah reaksi pasar terhadap peristiwa antara Israel dan Hamas,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch & Associates, seperti dikutip Reuters, Selasa (31/10). “Faktor-faktor makroekonomi dapat dengan mudah muncul akhir pekan ini, ketika kita akan melihat apakah The Fed akan menyampaikan sesuatu”.

Harga minyak mentah melonjak 3% pada hari Jumat setelah Israel meningkatkan serangan darat ke Gaza, memicu kekhawatiran konflik dapat meluas di wilayah yang menyumbang sepertiga produksi minyak global. “Namun, kekhawatiran itu memudar pada hari Senin,” kata para analis.

“Premi perang telah keluar dari pasar,” kata Phil Flynn, analis Price Futures Group. “Ini adalah situasi di mana selama akhir pekan perang tampak semakin intensif, namun tampaknya tidak ada gangguan terhadap pasokan.”

Pasukan dan tank Israel menyerang kota utama di utara Gaza dari timur dan barat pada hari Senin, tiga hari setelah mereka memulai operasi darat di daerah kantong Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...