Jokowi: Penambahan Saham, Perpanjangan Izin Freeport Rampung Bulan Ini

Happy Fajrian
14 November 2023, 15:33
freeport, jokowi
ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menerima Chairman Freeport McMoRan Richard Adkerson di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson, dalam kunjungannya ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Senin (13/11). Pertemuan tersebut membahas penambahan divestasi saham Freeport di Indonesia hingga perpanjangan izin tambang.

“Saya senang mendengar pembahasan penambahan (divestasi) 10% saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah mencapai tahap akhir,” ujar Jokowi kepada Adkerson seperti dikutip dari Sekretariat Kabinet pada Selasa (13/11).

Jokowi berharap agar pembahasan penambahan saham dan perpanjangan izin tambang Freeport dapat diselesaikan pada akhir November tahun ini. “Selesai akhir bulan ini,” kata dia.

Dalam keterangan terpisah usai pertemuan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir menilai bahwa saat ini hubungan antara Indonesia dengan AS terus meningkat, utamanya dalam bidang perdagangan.

“Kalau kita lihat apalagi surplus perdagangan kita dengan Amerika sudah mencapai hampir US$ 16 miliar, dan pertumbuhannya beberapa tahun terakhir cepat. Investasi Amerika di Indonesia itu sudah nomor empat sekarang, yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Erick.

Oleh karena itu, Erick menyebut bahwa hal tersebut yang mendasari Presiden Jokowi untuk terus mendorong investasi AS di Indonesia, salah satunya dari Freeport McMoRan. “Yang kebetulan kita BUMN sudah menguasai 51%,” lanjutnya.

Lebih lanjut Erick mengungkapkan bahwa dalam pertemuan antara Presiden Jokowi bersama CEO Freeport McMoRan tersebut dibahas juga mengenai hilirisasi yang dilakukan oleh Freeport.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...