Pertamina: Konsumsi BBM Bersubsidi Tahun Ini Berpotensi Overkuota

Mela Syaharani
21 November 2023, 18:44
bbm bersubsidi, pertamina, bbm
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke mobil di SPBU Pertamina.

Pertamina melaporkan adanya potensi konsumsi BBM bersubsidi tahun ini melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah. Data BPH Migas menunjukkan sisa kuota Pertalite dan solar subsidi hingga akhir Oktober 2023 sudah di bawah 20%.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan ada permohonan untuk penambahan kuota BBM bersubsidi. Sementara untuk LPG Nicke menyebut kuota aman sampai akhir tahun.

“Dari sisi anggaran sangat aman karena anggaran untuk LPG itu hanya terpakai sebagian, jadi masih ada sisa anggaran dan ini bisa digunakan untuk menambah anggaran penambahan kuota ini,” kata Nicke salam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Selasa (21/11).

CEO Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengungkap telah mengajukan usulan penyesuaian kuota BBM 2023 mulai dari Solar hingga LPG. Usulan penyesuaian kuota Solar 2023 meningkat sebesar 7,8%. Awalnya sebanyak 1,3 juta kilo liter (KL) dari kuota awal JBT solar 16,8 juta KL menjadi 18,1 jt KL.

“Ini yang sebenarnya turun dan lebih rendah dibandingkan 2022 menjadi 18,1 juta KL seperti yang diajukan Kementerian ESDM kepada Kementerian Keuangan,” kata Riva.

Selain solar, pertamina juga mengajukan penambahan kuota untuk kerosene atau minyak tanah yang meningkat sebanyak 0,8%. Riva memohon kepada DPR untuk bisa membantu pengusulan penyesuaian kuota dari 500 ribu KL menjadi 504 ribu KL.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...